Senin, 24 Agustus 2015

DENGAN SEMANGAT KEMERDEKAAN, BUJANG GADIS LAHAT TAHUN 2015 AKAN KEMBANGKAN POTENSI KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA LAHAT

sastralematang.blogspot.com-lahat-Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki banyak keberagaman suku, kebudayan, dan pariwisata. Maka dari itu perlu diketahui bahwasannya suatu daerah dapat terkenal oleh karena nilai-nilai kearifan lokal dari ciri kebudayaan dan pariwisata suatu daerah tersebut, namun hal itu dapat terjadi apabila masyarakat yang tinggal didaerah tersebut menjaga kelestariannya dengan baik dan memperkenalkannya dengan bangga kepada masyarakat lokal maupun non lokal. 
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata disetiap daerah yang ada negara Indonesia ini sangat berperan penting dalam mewujudkan hal-hal tersebut. Mungkin Salah satunya dengan cara menyelenggarakan pemilihan atau seleksi terhadap Putra dan Putri daerah untuk dijadikan sebagai duta pariwisata. Dimana setiap putra dan putri yang terpilih diharapkan dapat mengembangkan potensinya dengan cara meningkatkan kualitasnya yang mencakup berbagai macam aspek diantaranya pengetahuan umum, pengetahuan sejarah dan kebudayaan, pariwisata, etika prilaku dan busana, penguasaan bahasa, psikologi dan pengembangan diri.
Kabupaten Lahat atau yang dikenal dengan kota sejuta megalith pada Jum’at (14/08) menggelar pemilihan putra dan putri atau bujang dan gadis daerahnya. Kegiatan yang diselenggarakan oleh dinas pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Lahat ini berlangsung dengan meriah dimana ditampilkan beberapa kesenian asli daerah lahat yang memukau dan mampu memikat perhatian masyarakat yang hadir memenuhi gedung kesenian lahat.
Deswan Irsyad, kepala dinas pariwisata dan kebudayaan Lahat dalam sambutannya mengajak kepada segenap unsur lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian kekayaan budaya dan pariwisata yang ada dibumi seganti setungguan ini.
“Dengan mengusung tema dengan semangat kemerdekaan bujang dan gadis lahat tahun 2015 siap kembangkan potensi kebudayaan dan pariwisata,” kata Deswan Irsyad.
Sementara itu ditempat yang berbeda, Marwan Mansyur Wakil Bupati Lahat mengatakan mendukung pemilihan bujang gadis Lahat tersebut, ia berharap bujang dan gadi Lahat yang terpilih menjadi duta Kabupaten Lahat lebih berperan aktif dalam membantu pemerintah daerah dalam pengembangan potensi kebudayaan dan pariwisata daerahnya.
Untuk kedepan Marwan Mansyur mengharapkan agar peserta pemilihan bujang gadis Lahat ini dapat diikuti oleh perwakilan dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Lahat
“Di setiap Kecamatan di Kabupaten Lahat memiliki potensi Pariwisata tersendiri dan tentunya dengan keberagaman seni budaya dan adat istiadat, Bujang Gadis Lahat harus menguasai potensi pariwisata seni dan budaya, agar dapat memberikan informasi ke masyarakat luas tentang Kabupaten Lahat, khususnya seni budaya dan pariwisata
Lebih dari 30 Pasang peserta berpartisipasi dalam acara pemilihan putra dan putri atau bujang dan gadis lahat ini. Namun hanya terpilih 10 pasang yang masuk dalam Grand Final. Setelah melalui berbagai macam tes dan seleksi yang dilakukan oleh dewan juri, akhirnya M. Arifal Khadavi (17) Pelajar, terpilih sebagai Bujang Lahat dan Dwi Kurnia (18) Purna Paskibraka Indonesia sebagai Gadis Lahat Tahun 2015 (Agus K)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar